Thursday, May 9, 2019

Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Rujukan Soal Dan Pembahasan Lengkap


Cara menghitung rumus keliling persegi panjang - Saya sudah pernah menulis sebuah bahan perihal Cara Menghitung Rumus Luas Persegi Panjang, maka kali ini aku akan memperlihatkan bahan lanjutan perihal cara menghitung rumus keliling persegi panjang. Persegi panjang terdiri dari 4 sisi dimana masing-masing sisi yang sejajar mempunyai ukuran atau panjang yang sama. Coba perhatikan gambar persegi panjang berikut:

Cara menghitung rumus keliling persegi panjang Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap


Pada gambar di atas, sisi AB dan DC merupakan sisi yang menjadi panjang (p) dari bangkit datar ini. Sedangkan sisi AD dan BC merupakan sisi yang menjadi Lebar (l) dari bangkit datar tersebut. Keliling persegi panjang sanggup diketahui dengan menjumlahkan seluruh sisi yang ada. Rumusmatematika kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menghitung keliling persegi panjang lengkap dengan bermacam-macam pola soal dan pembahasan mengenai cara penyelesaian soal tersebut.


Rumus keliling persegi panjang, pola soal dan pembahasannya


Dari klarifikasi di atas, sanggup kita ambil kesimpulan bahwa rumus keliling persegi panjang adalah:

K = p + l + p + l
K = 2 x p + 2 x l 
K = 2 x ( p + l )

Silahkan kalian memakai salah satu dari ketiga rumus di atas untuk mengetahui keliling dari sebuah persegi panjang, karenanya akan sama saja. Agar kalian lebih paham perihal rumus tersebut, di bawah ini aku berikan beberapa pola yang sanggup kalian pelajari:

 

Contoh Soal 1

Sebuah persegi panjang diketahui mempunyai panjang 25cm dan lebar 15cm. Maka berapakah keliling dari persegi panjang tersebut?

Penyelesaian:
Mari kita coba hitung dengan memakai ketiga rumus di atas.

Rumus 1:
K = p + l + p + l
K = 25 + 15 + 25 + 15
K = 80cm

Rumus 2:
K = 2 x p + 2 x l
K = 2 x 25 + 2 x 15
K = 50 + 30
K = 80 cm

Rumus 3:
K = 2 x (p + l)
K = 2 x (25 + 15)
K = 2 x 40
K = 80 cm



Contoh Soal 2
Diketahui keliling dari sebuah persegi panjang ialah 240cm kalau panjang dari persegi panjang tersebut ialah 30cm maka berapakah lebarnya?

Penyelesaian:
Kita gunakan rumus keliling persegi panjang.
K = 2 x (p + l)
240 = 2 x (30+l)
240 = 60 + 2l

2l = 240 - 60
2l = 180
l = 180 : 2
l = 90

Kaprikornus lebar dari persegi panjang tersebut ialah 90 cm


Itulah selesai dari pembahasan mengenai Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang. Pelajari dan hafalkan dengan baik rumus keliling persegi panjang yang sudah saja jelaskan di atas. Terus berlatih mengerjakan soal-soal yang membahas mengenai cara menghitung luas keliling persegi panjang supaya kalian semakin andal dan sanggup mengerjakan soal-soal dengan mudah.


Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Rujukan Soal Dan Pembahasan Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Briyan sanjaya

0 comments:

Post a Comment