Wednesday, May 8, 2019

Cara Menghitung Rumus Volume Bola Pola Soal Dan Pembahasan

Rumus Volume Bola - Setelah sebelumnya dibahas bahan mengenai rumus luas permukaan balok maka bahan rumus matematika dasar kali ini akan melanjutkannya dengan memperlihatkan sebuah bahan yang masih berkenaan dengan berdiri ruang. Postingan ini akan memperlihatkan klarifikasi ihwal cara menghitung rumus volume bola. tidak hanya itu, ibarat biasa di final pembahasan akan diberikan beberapa contoh-contoh soal serta pembahasannya semoga kalian sanggup memahami bagaimana cara memakai rumus-rumus yang diajarkan. Semoga pembahasan ini sanggup membantu kalian dalam memahami cara untuk mengetahui volume dari berdiri ruang bola serta sanggup mengerjakan soal-soal disekolah yang berkaitan dengan bahan ini. 
 Setelah sebelumnya dibahas bahan mengenai  Cara Menghitung Rumus Volume Bola Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus Cara Mencari Volume Bola

Tentu kalian sudah tidak abnormal dengan yang namanya bola alasannya kitas ering menemukan benda-benda yang mempunyai bentuk berupa bola mulai dari bola basket hingga bola bekel dan ada pula bola dunia. kemudian sebetulnya bagaimanakah cara menghitung volume atau isi dari sebuah berdiri ruang berbentuk bola? ini beliau rumusnya:

Volume bola = 4/3 π x r³

Rumus volume jikalau sangat ibarat dengan volume kerucut alasannya luas volume kerucut sama dengan setengah dari volume bola.

 Setelah sebelumnya dibahas bahan mengenai  Cara Menghitung Rumus Volume Bola Contoh Soal dan Pembahasan


Lalu bagaimana cara memakai rumus tersebut untuk mengerjakan soal? simak beberapa pola soal di bawah ini:

Contoh Soal Rumus Volume Bola dan Penyelesaiannya


Contoh Soal 1
Diketahui jari-jari dari sebuah bola basket yakni 7 cm, apabila π = 22/7 maka berapakah volume dari bola basket tersebut?

Jawab:
  V = 4/3 π x r³
    = 4/3 x 22/7 x 7³
    = 4/3 x 22/7 x 343
    = 1437.3 cm³.
Maka, volume dari bola basket  itu yakni 1437.3 cm³.



Contoh Soal 2
Sebuah bola karet mempunyai diameter 24cm. berapakah volume udara yang ada di dalam bola tersebut?

Jawab:
Karena yang diketahui yakni diameter maka kita ubah dulu menjadi jari-jari. alasannya jari-jari = 1/2 dari diameter maka jikalau diameternya 24cm jari-jarinya yakni 12 cm.
baru kita masukkan ke dalam rumus:

V = 4/3 π x r³
V = 4/3 x 22/7 x 12³
V = 4/3 x 22/7 x 1728
V = 7234,56 cm³

Maka jumlah volume udara yang ada di dalam bola karet itu yakni 7234,56 cm³.



Itulah final dari bahan cara menghitung rumus volume bola lengkap dengan pola soal serta pembahasan mengenai cara menjawab soal-soal yang diberikan. Semoga kini kalian sanggup lebih memahami ihwal rumus untuk mencari volume bola serta cara untuk memakai rumus tersebut dalam menuntaskan soal-soal mengenai volume bola. Terimakasih sudah menyimak bahan ini hingga akhir, teruslah berprestasi.



Cara Menghitung Rumus Volume Bola Pola Soal Dan Pembahasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Briyan sanjaya

0 comments:

Post a Comment