Pembulatan dan Penaksiran - Salah satu bahan yang diajarkan pada kelas 4 SD yaitu pembulatan dan penaksiran. Ketika menjalani acara sehari-hari seringkali kita melaksanakan pembulatan dan penaksiran. Misalnya dikala mengira-ngira harga dari suatu barang atau juga mengira-ngira hasil dari pembagian sebuah bilangan. Proses mengira-ngira tersebut disebut sebagai penafsiran di dalam pelajaran matematika. Nah, untuk pembahasan rumus matematika kali ini saya akan menunjukkan klarifikasi sederhana mengenai pembulatan dan penafsiran di dalam matematika. Perhatikan dengan baik klarifikasi di bawah ini, ya!!
Source: Google Images |
Materi Pembulatan dan Penaksiran Matematika untuk Kelas 4 SD
Pembulatan
Ketentuan dalam pembulatan matematika
Ada hukum tersendiri dikala kita ingin membulatkan sebuah bilangan, aturannya adalah:
Pembulatan menuju puluhan terdekat
Angka satuan yang kurang dari 5 dibulatkan ke bawah.
Angka satuan yang lebih banyak atau sama dengan 5 dibulatkan ke atas.
Contohnya:
Angka 68 dibulatkan menjadi 70 (karena posisi satuan 8 nilainya lebih dari 5)
Angka 43 dibulatkan menjadi 40 (karena posisi satuan 3 nilainya kurang dari 5)
Pembulatan menuju ratusan terdekat
Angka puluhan yang nilainya kurang dari 50 dibulatkan ke bawah.
Angka puluhan yang nilainya lebih atau sama dengan 50 dibulatkan ke atas.
Contohnya:
Angka 149 dibulatkan menjadi 100 (karena 49 kurang dari 50)
Angka 562 dibulatkan menjadi 600 (karena 62 lebih dari 50)
Pembulatan menuju ribuan terdekat
Angka ratusan yang nilainya kurang dari 500 dibulatkan ke bawah.
Angka ratusan yang lebih atau sama dengan 500 dibulatkan ke atas.
Contohnya:
1678 dibulatkan menjadi 2000 (karena 678 lebih dari 500)
1328 dibulatkan menjadi 1000 (karena 328 kurang dari 500)
Penaksiran:
Penaksiran yaitu asumsi yang dilakukan untuk hasil dari sebuah operasi hitung. Untuk melaksanakan penaksiran, kita harus memakai aturan-aturan pembulatan sehingga risikonya dapat mendekati hasil operasi hitung yang sebenarnya. Untuk memahami konsep penaksiran dalam matematika, perhatikan teladan soal berikut ini:
Contoh Soal 1
Cobalah untuk menaksir hasil dari penjumlahan berikut menuju ribuan terdekat!
A. 1.254 + 3.675 = ...
B. 7.834 - 4.390 = ...
Penyelesaaian:
Kita bulatkan dulu angka-angka tersebut menuju ribuan terdekat.
A. 1.334 dibulatkan menjadi 1000
2.675 dibulatkan menjadi 3000
Maka hasil penaksirannya yaitu : 1.000 + 3.000 = 4000
Bandingkan dengan hasil sebenarnya: 1.334 + 2.675 = 4009 (mendekati)
B. 7.934 dibulatkan menjadi 8.000
4.190 dibulatkan menjadi 4.000
Maka hasil dari penaksirannya adalah: 8.000 - 4.000 = 4.000
Bandingkan dengan hasil sebenarnya: 7.934 - 4.190 = 3.744 (mendekati)
Contoh Soal 2
Jumlah penonton yang duduk di sisi kanan stadion yaitu 2.468 orang. Sementara jumlah penonton yang ada di sisi kiri stadion yaitu 8.632 orang. Sementara itu jumlah penonton yang belum masuk ke stadion yaitu 1.358 orang. Taksirlah jumlah keseluruhan penontton yang nantinya akan berada di dalam stadion.
Penyelesaian:
Lakukan pembulatan ribuan:
2.468 menjadi 2.000
8.632 menjadi 9.000
1.358 menjadi 1.000
Barulah kita jumlahkan: 2000 + 9000 + 1000 = 12.000 orang
Bandingkan dengan jumlah sebenarnya: 2.468 + 8.632 + 1.358 = 12.458 (mendekati)
Cobalah berlatih dengan soal-soal berikut:
1. Cobalah taksir hasil perkalian dari bilangan-bilangan berikut:
A. 3.646 x 4.568 = ...
B. 254 x 787 = ...
C. 17 x 56 = ...
2. Taksirlah hasil penjumlahan bilangan-bilangan berikut ini:
A.5.923 + 6.125 = ...
B.7.111 + 3.556 = ...
C.4.644 + 2.543 = ...
3. Jumlah siswa kelas 1 Sekolah Menengan Atas karya utama yaitu 137 siswa. Di kelas 2 ada 357 murid. Sementara di kelas 3 ada 478 murid. Taksirlah jumlah keseluruhan murid yang ada di Sekolah Menengan Atas Karya Utama!
4. Buatlah penaksiran untuk pengurangan dan pembagian bilangan berikut:
A.5.857 - 2.901 = ...
B.9.231 : 2.875 = ...
C.1.246 - 2.695 = ...
Demikianlah bahan Pembulatan dan Penaksiran Matematika yang dapat dipelajari untuk kalian yang berada pada dingklik kelas 4 SD.
0 comments:
Post a Comment