Thursday, May 9, 2019

Pengertian Korelasi Matematika Smp Kelas 8

Rumus Matematika - Jika sebelumnya telah dibahas mengenai himpunan maka kali ini aku akan membahas bahan perihal pengertian hubungan matematika Sekolah Menengah Pertama kelas 8. Di dalam matematika, hubungan diartikan sebagai sebuah pernyataan yang memilih hubungan antara dua buah himpunan. Sebagai contoh, hubungan antara siswa dengan olah raga yang mereka sukai atau hubungan antara anak dengan kuliner kesukaanya, kurang lebih itulah konsep dasar dari hubungan di dalam matematika. Di bawah ini aku telah merangkum bahan mengenai pengertian hubungan serta bermacam-macam teladan soal mengenai relasi.

 Jika sebelumnya telah dibahas mengenai  Pengertian Relasi Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8

Pengertian Relasi dan Cara Penyajiannya


Pengertian relasi 


Pada suatu ketika, ada sekelompok siswa Sekolah Menengah Pertama pelangi yaitu Gilang, Amir, Asep, Wayan, Ahmad dan Panji sedang membicarakan kuliner yang mereka sukai. Bakso, nasi goreng, mie ayam, cireng, nasi padang, dan batagor ialah jenis kuliner yang mereka sukai. Gilang gemar memakan bakso, Amir gemar memakan cireng, Asep gemar memakan nasi goreng, Panji gemar memakan batagor, Wayan gemar memakan nasi padang, dan Ahmad gemar memakan mie ayam. Bila kita perhatikan dengan seksama, gilang, asep, amir, wayan, panji, dan ahmad ialah himpunan siswa smp pelangi. Sedangkan bakso, nasi goreng, mie ayam, cireng, nsai padang, dan batagor ialah himpunan makanan. Himpunan siswa tersebut mempunyai hubungan dengan himpunan kuliner melalui “kegemaran”. Dengan begitu, kata ‘gemar’ merupakan hubungan yang menjadi penghubung antara siswa smp pelangi dengan jenis kuliner tersebut.

Dari teladan problem di atas, kita sanggup menyimpulkan bahwa hubungan antara himpunan A dan himpunan B ialah suatu hubungan yang sanggup memasangkan anggota yang ada pada himpunan A dengan anggota yang ada pada himpunan B.

Contoh soal:
Cobalah untuk memilih hubungan yang sanggup menjadi penghubung antara himpunan A dan B di bawah ini:
A = {1,2,3,4,5} dan B = {1,4,9,16,25}

Jawab:
Dari soal tersebut kita sanggup mengambil kesimpulan bahwa hubungan yang sanggup menghubungkan anggota himpunan A dengan anggota himpunan B ialah “akar dari”

1 merupakan akar dari 1
2 merupakan akar dari 4
3 merupakan akar dari 9
4 merupakan akar dari 16
5 merupakan akar dari 25

Cara Penyajian Relasi Matematika

Relasi sanggup digambarkan dengan bermacam-macam cara, cara pertama ialah dengan memakai diagram panah, kemudian diagram kartesius, kemudian yang terakhir ialah dengan himpunan pasangan berurutab. Kita ambil teladan dari hubungan antara Siswa Sekolah Menengah Pertama Pelangi dan Jenis kuliner di atas.

Diagram panahnya adalah:

 Jika sebelumnya telah dibahas mengenai  Pengertian Relasi Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8


Diagram kartesiusnya adalah:

 Jika sebelumnya telah dibahas mengenai  Pengertian Relasi Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 8


Himpunan pasangan berurutannya adalah:

{(gilang,bakso), (amir,cireng), (asep, nasi goreng), (wayan, nasi padang), (ahmad, mie ayam), (panji, batagor)}

Demikian klarifikasi bahan perihal Pengertian hubungan matematika Sekolah Menengah Pertama kelas 8. Materi ini sanggup dibilang gampang-gampang susah. Tetapi jikalau kalian memerhatikan dengan baik klarifikasi di atas, niscaya kalian sanggup memahaminya dengan baik.

Pengertian Korelasi Matematika Smp Kelas 8 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Briyan sanjaya

0 comments:

Post a Comment